HamNet! Navigator

 Connection Manager
HamNet! Navigator adalah dialer (Connection Manager) yang di desain khusus untuk melakukan koneksi ke HamNet Indonesia , baik menggunakan dial-up telepon maupun dengan TCP/IP.

Disamping sebagai dialer, Navigator ini juga untuk mengaktifkan internal client dan menjalankan internet client agar mudah dalam menjelajahi fasilitas-fasilitas yang tersedia pada sistem ini seperti: membaca surat, download file, dll.

 Internal Client
Ketika sudah tersambung dengan HamNet, pada bagian atas HamNet! Connection Manager terdapat beberapa icon untuk mengaktifkan client. Fungsi client-client tersebut adalah untuk melakukan aktifitas, yang terdiri dari (kiri ke kanan) :
  • World Wide Web Interface.
    Ini untuk mengaktifkan Web Browser anda seperti: Netscape Communicator, Microsoft Internet Explorer, dll. Dengan Browser tersebut anda bisa mengakses HamNet dalam bentuk HTML seperti layaknya pada World Wide Web.

  • Message Conference Client.
    Client ini untuk membaca email, baik email pribadi yang ditujukan untuk anda maupun mail-mail pada konperensi lain yang terbuka untuk anda. Juga dapat digunakan untuk menulis/membalas pesan dan mencari mail yang diperlukan.

  • File Management Client.
    Client ini untuk melihat daftar file, download dan upload file serta untuk melihat file-file baru dan mencari file yang diinginkan dengan meng-klik icon yang tersedia pada client tersebut.

  • Teleconference/Chat Client.
    Client ini digunakan untuk hubungan antar user secara langsung (teleconference) baik user per user maupun didalam group diskusi.

  • Who's Online Client.
    Client ini untuk menampilkan daftar user yang sedang berada di HamNet pada saat itu. Juga dapat digunakan untuk mengundang user lain untuk "ngobrol" (chatting) atau untuk mengirim pesan singkat pada user tersebut.

  • Personal Properties Client.
    Client ini untuk menampilkan data anda yang tersimpan di HamNet. Disamping itu dapat juga untuk melihat statistik dan merubah beberapa option.

 Internet Client
Karena HamNet mempunyai Web, Telnet, FTP, Mail server, maka disamping dengan client diatas, setelah terhubung ke HamNet menggunakan Navigator, anda juga dapat menjalankan internet E-Mail, FTP dan Telnet client.

Sebagai contoh, anda dapat mengambil e-mail anda atau mengirim e-mail dengan menjalankan Internet email client seperti: Outlook Express, Eudora, dll. Jika anda menggunakan dial-up (bukan tcp/ip), anda harus terhubung dahulu dengan HamNet baru kemudian client tersebut dijalankan. (Jangan jalankan internet client sebelum terhubung dengan HamNet).

 Download Navigator
HamNet Navigator dapat dijalankan pada semua Sistim Operasi Windows (3.xx/95/98/NT/2000).
Silahkan download HamNet! Navigator (3.9 Mb).

Setelah selesai di download, unzip file hamnav.zip tersebut, dan jalankan Setup.exe untuk instalasinya.

 Setting untuk Internet E-Mail Client
Khusus untuk Internet E-Mail client, ada beberapa parameter yang perlu di setup yaitu :
SMTP Server : yb0emj.ampr.org
POP3 Server : yb0emj.ampr.org
User name : [Callsign anda]
Password : [Login password]
Alamat E-Mail : [callsign]@yb0emj.ampr.org


Send your questions & comments to YBØEMJ

Hamnet Indonesia

Goto previous page