MEMBUAT POWER SUPPLY DARI POWER SUPPLY

(MODIFIKASI PC POWER SUPPLY MENJADI PSU 13.8V)

PROYEK  INI MELIBATKAN TEGANGAN 350 VOLT,  INGAT KEAMANAN KERJA

Coba anda ingat-ingat, mungkin di gudang anda masih menyimpan komputer bekas tahun 80 atau 90-an sebelum era komputer pentium, atau anda punya rongsokan power supply komputer entah dari manapun asalnya, sayang sekali bila komputer tersebut tidak memberikan manfaat lagi. Dilain sisi power supply anda masih menggunakan trafo yang butut dan kadang-kadang nge-broom bila dipakai.  Power supply komputer, walaupun jenis lama, sudah menggunakan teknologi switching yang jauh lebih baik dari power supply trafo yang sekarang anda pakai. 

Ide power supply komputer dimaksudi sudah saya implementasikan untuk stasiun radio paket yang saya hidupkan selama 24x7, namun hasilnya kurang memuaskan, yaitu pada saat ptt radio on, pada pancarannya tedengar suara berdenging (frekwensi power supply) sepertinya overloaded, dan tegangan yang dihasilkan hanya mampu saya naikkan menjadi 12.8 V. Namun saya yakin bahwa modifikasi yang saya lakukan bisa lebih optimal, saat itu saya malas meneruskan karena saya pikir sudah lumayan saya tidak perlu membuat psu. Saya hidupkan begitu saja.

Entah apa, tiba tiba saya ingat dan aya cari artikel di internet mengenai hal ini, bingoo.. saya menemukan ini!, sepertinya "gubahan" dari seorang anggota orari jerman :-), terimakasih untuk pembuat page ini siapapun anda, saya pelajari dan saya lakukan perbaikan pada proyek saya yang pertama, dan ternyata saya puas dengan hasilnya. Denging tidak pernah terdengar lagi, tegangan  yang dihasilkan cukup stabil pada tegangan 13.8 V, daya yang dihasilkan cukup besar, saya tidak sempat melakukan test berapa max arus-nya, tapi menurut teori bahwa PCPSU saya yang berdaya 150 watt, arinya kalau menghasilkan tegangan 13.8 V maka arus maksimumnya berada disekitar 150/13.8= 10 Amper-an  sekitar itu, yang jelas untuk radio VHF dengan daya 50 WATT mungkin bisa 2 buah radio, atau malah bisa dengan radio HF dengan daya separo (50 watt) lumayan bukan?.

Dapat dipastikan bahwa pada saat anda membeli komputer tidak akan pernah never anda diberi skema power supply komputer, apalagi skema motherboard-nya, untuk itu saya searching pula di internet dan saya dapatkan skemanya seperti berikut: jenis 1, dan jenis 2  saya temukan di www.rlocman.ru , ternyata PCPSU saya tidak sama persis dengan skema-skema tersebut, maka perlu dipelajari sedikit perbedaannya.

Apa yang saya lakukan:

1. Buka atau bongkar power supply komputer, sehingga pcb terpisah dari casing-nya (intrusksi tidak spesifik karena jenis PSU yang anda hadapi saya tidak tahu persis jenisnya tapi saya yakin anda bisa membukanya)

2. Bongkar dengan solder semua kabel-kabel yang biasanya menuju mother board atau peripheral lainnya, sampai terlihat bersih.

3. Ikuti instruksi pada artikel.